BERIKUT ADALAH
beberapa ARTIKEL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
1.Pengantar
Sistem Informasi
Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil
keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang
diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan Umum
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan
di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan
manajemen.
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan
dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
·
Menyediakan informasi untuk pengambilan
keputusan.
Ketiga tujuan tersebut
menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke
informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara
menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka
mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja
(informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen,
termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
Proses Manajemen
Proses manajemen
didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
·
Perencanaan, formulasi terinci untuk
mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut
perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
·
Pengendalian, perencanaan hanyalah
setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut
harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor
pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
·
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan
diantara berbagai alternative disebut
dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan
antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa
tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari
beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan
fungsi pengendalian.
Bagian
SIM merupakan kumpulan
dari sistem informasi:
·
Sistem informasi akuntansi (accounting
information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem informasi pemasaran (marketing
information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi
penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan
lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
·
Sistem informasi manajemen persediaan (inventory
management information systems).
·
Sistem informasi personalia (personal
information systems).
·
Sistem informasi distribusi (distribution
information systems).
·
Sistem informasi pembelian (purchasing
information systems).
·
Sistem informasi kekayaan (treasury
information systems).
·
Sistem informasi analisis kredit (credit
analysis information systems).
·
Sistem informasi penelitian dan
pengembangan (research and development information systems).
·
Sistem informasi analisis software
·
Sistem informasi teknik (engineering
information systems).
2. Pengantar dan
Konsep Dasar SIM
Apa yang dimaksud
dengan informasi?
n Informasi
merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat
dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk
keperluan/pekerjaan tertentu.
n Data pada
umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat
dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
Data, Information
& Knowledge
n Data merupakan
deskripsi dasar akan suatu, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang dicatat,
diklasifikasikan, dan disimpan tanpa suatu pengorganisasian sebelumnya.
n Knowledge
(pengetahuan) terdiri dari data dan/ atau informasi yang telah diorganisasikan
dan diproses sehingga memberi pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian
tertentu yang dapat diaplikasikan pada masalah bisnis yang dihadapi.
Informasi dalam Proses
Bisnis Industri Manufaktur
Apa yang dimaksud
dengan Teknologi Informasi?
n Teknologi
Informasi
n berbagai
teknologi (utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja
dengan informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan
informasi suatu organisasi
n Istilah umum
yang menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan,
manipulasi/analisis, produksi, komunikasi, dan penyebaran informasi.
Mencapai kesuksesan
bisnis melalui Teknologi Informasi
n People
menggunakan information technology untuk bekerja dengan information
n Teknologi
informasi merupakan faktor penting dalam kesuksesan dan inovasi bisnis
3.
Sistem Informasi dan dukungannya pada bisnis
Sistem Informasi (SI)
dan Dukungan SI dalam Bisnis
n Informasi
merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat
dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk
keperluan/pekerjaan tertentu.
n Data pada
umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat
dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
n Teknologi
Informasi (Information technology/IT)
n berbagai
teknologi (utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja
dengan informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan
informasi suatu organisasi
n Istilah umum
yang menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan,
pemrosesan (manipulasi/analisis), serta komunikasi dan penyebaran informasi.
Sistem Informasi
n Sistem
informasi merupakan suatu sistem yang menerima data dan input lainnya dan
memprosesnya menjadi informasi sebagai output
n Suatu sistem
infomasi mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi untuk
suatu tujuan tertentu.
n Sistem
Informasi adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan (terintegrasi), yang
mengumpulkan (atau mendapatkan), menyimpan, memproses, dan menyebarkan
informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan tujuan lain, baik orang
maupun organisasi.
n Komponen
sistem informasi:
n Infrastruktur
(teknologi informasi)
n SDM
n Prosedur
n Secara teori,
sistem informasi dapat berupa lembaran kertas
n Dalam bahasan
perkuliahan ini difokuskan pada sistem informasi berbasis komputer
(Computer-Based Information Systems/CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
n Sistem
informasi yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan satu atau
seluruh tugasnya.
n Komponen CBIS:
n Infrastruktur;
Teknologi komputer
n Hardware
n Software
n Database
system
n Computer
network system
n SDM
n Prosedur
Tekanan Bisnis, Respon
Organisasi, dan Dukungan Teknologi Informasi
n Lingkungan
bisnis merupakan kombinasi dari faktor sosial, legal, ekonomi, teknologi, dan
politik yang mempengaruhi aktivitas bisnis
n Perubahan
siginifikan pada faktor-faktor tersebut dapat menciptakan tekanan bisnis kepada
organisasi
n Tiga macam
tekanan bisnis yang dihadapi adalah tekanan pasar (market), teknolog, dan
sosial.
Respon Organisasi
n Sistem
Strategis; memungkinkan organisasi meningkatkan pangsa pasar (market share)
dan/atau profit.
n Fokus pada
konsumen; memungkinkan organisasi memberikan pelayanan konsumen yang sangat
baik dan mencegah berpindahnya konsumen ke kompetitor.
n Sistem
“membuat berdasarkan pesanan” (Make-to-Order); merupakan strategi untuk
memproduksi produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen
n Mass
Customization; berproduksi dalam jumlah besar, tetapi tetap memungkinkan
customizing (penyesuaian) dengan keinginan setiap konsumen
n E-business dan
E-commerce; strategi untuk menjalankan bisnis secara elektronik
4.TELEKOMUNIKASI ,
INTERNET, DAN E – BUSSINESS
Telekomunikasi dan
Sistem Jaringan
Jaringan komputer –
dua atau lebih sistem komputer yang saling terhubung dengan menggunakan kabel
atau gelombang radio dalam suatu area geografis tertentu
Jaringan komputer yang
tidak menggunakan kabel fisik disebut wireless
Manfaat Jaringan
Komputer:
Kemampuan
berkomunikasi dan berbagi
Menyimpan berbagai
informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Memungkinkan orang
berbagi informasi dan ide secara mudah
Mengkombinasikan
kemampuan berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan
kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Kemampuan
berkomunikasi dan berbagi
Menyimpan berbagai
informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Memungkinkan orang
berbagi informasi dan ide secara mudah
Mengkombinasikan
kemampuan berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan
kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Internet
Definisi:
Suatu jaringan yang
terbentuk dari jutaan jaringan pribadi yang lebih kecil yang masing-masing
dapat bekerja independen maupun secara bersama dalam jaringan.
Jaringan yang
menghubungkan jutaan komputer dan pribadi di seluruh dunia.
Intranet
Definisi:
Jaringan di dalam
suatu organisasi yang menggunakan teknologi Internet untuk menyediakan
lingkungan dan kemampuan Internet di dalam perusahaan untuk sharing informasi,
komunikasi, kolaborasi, dan mendukung proses bisnis
Extranet
Definisi:
Hubungan jaringan yang
menggunakan teknologi Internet untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis
dengan intranet dari pelanggan, suppliers, atau business partners lainnya
Apa itu E-business?
Penggunaan teknologi
Internet
Untuk bekerja dan
membantu proses bisnis, electronic commerce (e-commerce), dan kolaborasi
perusahaan
Di dalam suatu
perusahaan dan dengan customer, supplier, dan business stakeholder lainnya.
Pada prinsipnya
merupakan pertukaran nilai/manfaat secara online
Tujuh alasan utama
membeli secara online:
1.
Menghemat waktu dengan tidak pergi ke
pasar/toko
2.
Dapat berbelanja saat toko tutup
(available 24/7)
3.
Menghindari keramaian dan kekacauan
4.
Kemungkinan menemukan harga yang lebih
baik
5.
Dapat menemukan produk secara lebih
mudah
6.
Dapat menemukan produk yang tidak
tersedia di toko
7.
Lebih mudah membandingkan harga
5. Sistem Informasi:
Macam dan Aplikasinya
Macam dan Aplikasinya
Computer based
information system (CBIS)
n Suatu
kombinasi yang terorganisir dari
n Hardware;
sekumpulan perangkat keras
n Software;
sekumpulan perangkat lunak
n Data; sumber
atau kumpulan data
n Network;
sistem jaringan
n Policies and
procedures;
sekumpulan kebijakan,
posedur dan instruksi
n People;
orang-orang yang bekerja
n Yang
mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi di dalam
organisasi
Lima fungsi dasar
teknologi dan sistem informasi (apa yang dilakukan)
1.
Capture (menangkap)
·
Mendapatkan informasi pada titik
asalnya/terjadinya
1.
Cradle (menyangga)
·
Menyimpan informasi
1.
Create (menciptakan)
·
Memproses untuk mendapatkan sesuatu yang
baru
1. Convey (menyampaikan)
·
Menyajikan informasi dalam bentuk yang
bermanfaat
1.
Communicate (mengkomunikasikan)
·
Mengirimnya kepada orang lain
Sistem pendukung
operasi (Operations support systems)
n Definisi
Sistem informasi yang
memproses data yang dimunculkan dan digunakan dalam operasi bisnis
n Tujuannya
adalah memproses transaksi bisnis secara efisien, mengontrol proses industri,
mendukung komunikasi dan kolaborasi perusahaan, dan memperbaharui basis data
perusahaan
Macam-macam Operations
Support Systems
n Transaction
Processing Systems (TPS)
n Merekam dan
memproses data dari transaksi bisnis
n Contoh:
pencatatan penjualan, sistem inventori, sistem akuntansi
n Process
Control Systems
n Memonitor dan mengontrol
proses-proses fisik produksi
n Contoh:
dalam sistem penyulingan minyak digunakan sensor untuk memonitor proses kimiawi
yang terjadi
n Enterprise
Collaboration Systems
n Meningkatkan
komunikasi tim maupun kelompok kerja
n Contoh:
e-mail, videoconferencing
Sistem Pendukung
Manajemen (Management Support Systems)
n Definisi
Sistem informasi yang
berfokus pada penyediaan informasi dan mendukung pengambilan keputusan yang
efektif oleh para manajer
Macam-macam Management
Support Systems
n Sistem
Informasi Manajemen (Management Information Systems/MIS)
Sistem informasi untuk
fungsi manajerial
n Menyediakan
informasi dalam bentuk laporan dan tampilan yang telah ditentukan untuk
mendukung pengambilan keputusan bisnis (O’Brien, 2004)
n Menyediakan informasi
rutin untuk aktivitas perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian
(pengambilan keputusan) dalam area fungsional. (Turban, 2004)
n Mendukung
level manajemen
n Contoh:
laporan analisis penjualan harian, laporan produksi
n Decision
Support Systems (DSS)
n Menyediakan
sistem interaktif yang bersifat sementara untuk mendukung pengambilan keputusan
n
Mengkombinasikan model analitis dan database untuk menyelesaikan permasalahan
n Membantu
pengambil keputusan atau manajer
n Contoh:
Prediksi hasil untuk menentukan pengalokasian anggaran iklan
n Executive
Information Systems (EIS)
n Menyediakan
informasi penting bagi eksekutif dan manajer
n Contoh:
akses informasi mengenai tindakan kompetitor
6.
MANAJEMEN DATA
Manajemen Data
Saat ini, perusahaan
bisnis tidak dapat bertahan maupun sukses tanpa data yang berkualitas mengenai
operasi internal maupun lingkungan eksternal mereka.
Organisasi modern
menyadari bahwa mengelola data dengan baik seperti halnya mereka mengelola aset
berharga lainnya merupakan kunci sukses yang penting dalam pasar saat ini.
Manajemen data
Definisi:
Aktivitas manajerial
yang menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas pengelolaan
data organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi semua stakeholder bisnis
mereka.
Permasalahan dengan
pemrosesan data tradisional:
Pengulangan Data –
pengulangan data membutuhkan pemutakhiran (update) pada semua file data
tersebut yang disimpan
Kesulitan Integrasi
Data – data yang disimpan dalam file yang terpisah yang membutuhkan program
output khusus menyebabkan kesulitan dalam sistem pelaporan ad hoc
Ketergantungan Data –
suatu program umumnya menginformasikan bagaimana data disimpan sehingga
perubahan format penyimpanan membutuhkan perubahan program juga
Pendekatan Database
Management System (DBMS)
Definisi:
Mengkonsolidasikan
pencatatan data ke dalam satu database yang dapat diakses dengan berbagai
program aplikasi yang berbeda.
Software interface
antara users dan databases
Data disimpan satu
kali, dan terpisah dari program aplikasi
Database Application
Programs
Fungsi:
Membuat dan memproses
forms
Membuat dan
mengirimkan queries
Membuat dan memproses
reports
Mengeksekusi logika
aplikasi
Mengontrol aplikasi
Macam-macam Database
Operational –
menyimpan data yang detail yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan
operasi perusahaan
Distributed – database
yang di ulang dan didistribusikan secara keseluruhan ataupun sebagian ke server
jaringan pada berbagai lokasi
External – berisi
banyak sekali informasi yang tersedia dari layanan online komersial maupun dari
berbagai sumber dalam World Wide Web
Data Warehouse
Definisi:
Database
berukuran besar yang menyimpan data yang telah disarikan/disaring (extracted)
dari berbagai operational, external, dan database lain dalam organisasi
Data Mart
Definisi:
Database yang
menyimpan kumpulan data tertentu dari sebuah data warehouse yang fokus pada
aspek tertentu dalam perusahaan, misalnya satu departemen atau satu proses
bisnis
Data Mining
Definisi:
Aktivitas analisis
terhadap data dalam suatu data warehouse untuk mendapatkan pola dan
kecenderungan yang tersembunyi dalam aktivitas bisnis masa lalu
Penggunaan Data Mining
Melakukan
“market-basket analysis” untuk mengidentifikasi kumpulan produk baru.
Menemukan akar
permasalahan kualitas atau permasalahan manufaktur lain.
Mencegah kekecewaan
konsumen dan memperoleh konsumen baru.
Mengenali profil
konsumen secara lebih akurat.
Tujuan Umum
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan
di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan
manajemen.
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan
dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
·
Menyediakan informasi untuk pengambilan
keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan
pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen
dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen
dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah,
dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam
semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan
keputusan).
Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
·
Perencanaan, formulasi terinci untuk
mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut
perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
·
Pengendalian, perencanaan hanyalah
setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut
harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor
pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
·
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan
di antara berbagai alternative disebut
dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan
antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa
tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari
beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan
dengan fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen
adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa
Bagian
SIM merupakan kumpulan dari sistem
informasi:
·
Sistem informasi akuntansi (accounting
information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem informasi pemasaran (marketing
information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi
penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan
lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
·
Sistem informasi manajemen persediaan (inventory
management information systems).
·
Sistem informasi personalia (personal
information systems).
·
Sistem informasi distribusi (distribution
information systems).
·
Sistem informasi pembelian (purchasing
information systems).
·
Sistem informasi kekayaan (treasury
information systems).
·
Sistem informasi analisis kredit (credit
analysis information systems).
·
Sistem informasi penelitian dan
pengembangan (research and development information systems).
·
Sistem informasi analisis software
·
Sistem informasi teknik (engineering
information systems).
·
Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital
information systems)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar